image
Gerbong Maut Bondowoso

Gerbong Maut Bondowoso

Gerbong maut
Gerbong Maut, nama yang cukup menyeramkan. Bisa membuat hati ciut bagi orang yang tidak tahu. Salah satu Monument Bersejarah dalam perjuangan Bangsa. Gerbong Maut ini terletak di Bondowoso Jawa Timur.

Rasanya, kurang pas kalau tidak mampir ke tempat ini. Paling tidak, sekedar lewat. Karena jalannya satu jalur ke Pondok Pesantren Al Ishlah, pondok yang menorehkan catatan sejarah dalam hidup saya.

Kembali ke laptop. Ceritanya, dinamakan gerbong maut, pada waktu penjajahan, Belanda melakukan penangkapan besar-besaran terhadap pasukan gerakan bawah tanah. Sehingga dalam waktu singkat penjara Bondowoso tidak mampu menampung tahanan yang pada waktu itu

Belanda bermaksud memindahkan tahanan yang termasuk pelanggaran berat dari penjara Bondowoso ke penjara Surabaya dengan kereta api.

Pemindahannya bertahap, Setiap tahap pengangkutan memuat sebanyak 100 orang. Pemindahan pertama dan kedua berjalan dengan baik dan mulus sesuai rencana.

Namun, saat pemindahan tahap ketiga, gerbong tertutup sangat rapat. Selama perjalanan rakyat tidak boleh mendekati gerbong. Akibatnya, semua tahanan dalam gerbong menderita kelaparan dan kehausan. Akibatnya, banyak tahanan yang tidak terselamatkan, alias meninggal dunia. Itulah alasanya kenapa diberi nama gerbong maut.

Salah satu moment yang paling saya tunggu adalah reunian di PP. Al Ishlah. Pada saat itu, ada peluang mas untuk datang dan mengunjungi si gerbong maut. Melihat, mengingat, mengenang arti yang tersirat didalamnya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments