image
Bahaya Facebook Menurut Al Quran Surat  Al-‘Ashr Dan Hadits Nabi

Bahaya Facebook Menurut Al Quran Surat Al-‘Ashr Dan Hadits Nabi

bahaya facebook
Tak dapat dipungkiri, bahwa yang namanya facebook, akan selalu mempunyai nilai dua sisi. Sisi kabaikan dan sisi keburukan. Hanya saja, dari sekian jumlah pengguna facebook. Sedikit sekali yang menyadari akan bahaya serta dampak buruk dari keseringan bermain facebook.

Facebook bisa dikatakan sebagai media sosial favorit, terbesar, dan banyak penggemarnya. Facebook adalah salah satu dari sekian banyak Situs Jejaring Sosial yang ada di jagad maya. Dulu, kita mengenal telegram, friendster, dsb. Namun pada akhirnya, sedikit demi sedikit akun akun sosmed semakin ditinggalkan dengan hadirnya beberapa sosial media. Salah satunya facebook ini, yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg 

Terlepas dari itu semua, tanpa kita sadari, setan bisa menggangu kita melalui facebook ini. Jika tidak berhati-hati, bisa terjerumus dalam berbagai dosa dan maksiat. 

Tanyakan pada diri kita, berapa jam kita dalam sehari bermain facebook? Berapa banyak waktu yang kita gunakan antara sekedar baca Al Qur'an meskipun beberapa ayat dengan membaca status orang? 

Intinya Habis mandi, Facebook. Habis nyapu, Facebook. Habis masak, Facebook. Habis nyuci, Facebook. Habis makan, Facebook. Habis bangun tidur, Facebook. Tengah malam, Facebook. Pokoknya, tiada hari tanpa facebook tiada malam tanpa berfacebook.

Inilah kerugian dampak buruk jika keseringan serta kecanduan bermain facebook. Yakni, salah satunya adalah rugi waktu. Allâh Swt telah bersumpah dengan menyebut masa dalam firman-Nya:

وَالْعَصْرِ ﴿١﴾ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ ﴿٢﴾ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasihat-menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran. (al-‘Ashr 1-3)

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan pentingnya memanfaatkan waktu, sebagaimana disebutkan dalam hadits:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma, dia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. (HR Bukhari, no. 5933).

Cukup jadikan renungan bagi kita. Mungkin selama ini, kita terlalu banyak facebookannya dari pada ngajinya. Terlalu banyak update statusnya dari pada update imannya. Terlalu sering sibuk facebook dari pada sibuk belajar.

Tanpa kita sadari, berapa waktu yang telah terbuang, berapa kesempatan yang telah kita lewatkan. Hanya karena terlalu sibuk dengan facebookannya. 
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments