image
Al-Qur'an Surat Al-Qasas Ayat 25

Al-Qur'an Surat Al-Qasas Ayat 25

al qur'an
Al-Qur'an Surat Al-Qasas Ayat 25 ini, berbicara tentang kemuliaan seorang wanita. Lihatlah, bagaimana Allah mengabadikan di dalam Al-Qur'an sifat wanita, yaitu sifat malu. Maka, berhiaslah dengan sifat malu, sesungguhnya sifat malu adalah sifat yang menambah diri seorang wanita menawan dan mendekatkan kepada ketaqwaan.

Allah SWT berfirman:

فَجَآءَتْهُ إِحْدٰىهُمَا تَمْشِى عَلَى اسْتِحْيَآءٍ قَالَتْ إِنَّ أَبِى يَدْعُوكَ لِيَجْزِيَكَ أَجْرَ مَا سَقَيْتَ لَنَا  ۚ  فَلَمَّا جَآءَهُۥ وَقَصَّ عَلَيْهِ الْقَصَصَ قَالَ لَا تَخَفْ  ۖ  نَجَوْتَ مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِينَ
"Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua perempuan itu berjalan dengan malu-malu, dia berkata, Sesungguhnya ayahku mengundangmu untuk memberi balasan sebagai imbalan atas (kebaikanmu memberi minum ternak) kami. Ketika (Musa) mendatangi ayah wanita itu (Syeikh Madyan) dan dia (Syeikh Madyan) menceritakan kepadanya kisah (mengenai dirinya), dia berkata, Janganlah engkau takut! Engkau telah selamat dari orang-orang yang zalim itu." (QS. Al-Qasas 28: Ayat 25)

Ibnul-Jauzi rahimahullah berkata tentang ayat ini ( Al-Qasas Ayat 25) :

Sebab rasa malunya ada tiga pendapat, salah satunya: Bahwasanya memang di antara sifatnya adalah malu, dia berjalan dengan cara jalannya wanita yang tidak biasa mondar-mandir keluar (rumah) (Zadul-Masir:3/380)

Al-Mufassir As-Si'di rahimahullah berkata : Ini menunjukkan kemuliaan tabiatnya dan akhlaqnya yang baik, karena sifat malu termasuk akhlaq yang mulia, terkhusus lagi pada diri wanita.(Tafsir As-Si'di: Al-Qashas ayat 25)
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments