image
Menjadi Muslim Yang Pintar Dan Benar

Menjadi Muslim Yang Pintar Dan Benar


muslim pintar benar
"Jadilah muslim yang pintar dan benar" itulah kalimat yang sering di ucapkan oleh guru kami, Kh. Muhammad Ma'sum waktu di Pesantren

Ya, orang pintar belum tentu orang benar. Pun sebaliknya, orang benar belum tentu pintar. Pintar identik dengan akal, kejeniusan. Benar identik dengan sikap atau perbuatan, amal.

Banyak orang pintar yang tidak benar. Maka Jangan heran dengan sekelompok orang yang mngatakan akhirat tidak ada. Jangn heran dengan munculnya ulama' ulama dipersimpangan jalan.

Dan banyak orang benar yang tidak pintar. Maka jngan heran kalau ada orang ingin menjaga NKRI justru malah merusak NKRI. Karena niat baik blm tentu dibarengi dg cara yg benar.

Dan Tidak banyak orang pintar sekaligus benar. Hanya saja, Jumlahnya tak seberapa. Orang seperti ini merupakan makhluk langka. Dan sangat sulit untuk menjadi orang seperti ini.

“Jk seseorang telh menapaki jngkal yg pertama, mka dia menjadi tinggi hati (takabbur). Kmudian, apbila dia tlah menapaki jengkal yg kedua, mka dia pun menjadi rendah hati (tawadhu’). Dan blamana dia menapaki jengkal yang ketiga, barulah dia tahu bhw ternyata dia tidak tahu apa-apa.” ( Hilyah Thalibil ‘Ilmi, Syaikh Bakr ibn ‘Abdillaah Abu Zaid).
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments