Bersama Komisariat Pmii Stita Sumenep

Bersama Komisariat Pmii Stita Sumenep


pmii sumenep
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, disingkat dengan PMII. Merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan yang berdiri dan lahir karena menjadi suatu kebutuhan dalam menjawab tantangan zaman.

Berdirinya organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia bermula dengan adanya hasrat kuat para mahasiswa NU pada masa itu untuk mendirikan organisasi mahasiswa yang berideologi Ahlusssunnah wal Jama’ah.
Sebagai salah satu organisasi terbesar, Pmii memiliki berbagai cabang di tiap-tiap kota. Disetiap kota, terdapat komisariat dalam tiap kampus.

Komisariat Pmii Stita Sumenep, merupakan salah satu komisariat yang berada dibawah naungan Pamii Cabang Sumenep. Bersama Komisariat Pmii Stita ini. Banyak pengalaman yang saya dapatkan. Banyak teman untuk selalu bersama, banyak sahabat seperti kerabat.

Meskipun bukan anggota Pmii resmi, hanya sebatas partisipan dan sukarelawan. Ya, hanya sebatas partisipan karena saya tidak pernah ikut yang namanya Mapaba. Sebagaiman kita ketahui, untuk menjadi anggota Pmii harus mengikuti Mapaba yang didalamnya terdapat serangkaian acara selama tiga hari tiga malam, dari awal hingga terahir yang disebut pembaiatan.

Namun dalam mengikuti setiap kegiatan Pmii Komisariat Stita, saya selalu berusaha untuk tidak ketinggalan. Pada mulanya, saya sudah disarankan untuk mengikuti Mapaba. Namun saya menolak karena punya tugas lain diluar kampus, tugas di lembaga siang dan malam tanpa shif-shifan.

Hanya satu di Pmii yang tidak pernah saya ikuti, masalah demo. Bukannya anti demo, tetapi karena saya bukan tipe orang yang suka berdemo dan juga saya menjalankan amanat guru untuk tidak ikut teman-teman yang berdemo. Demo memang identik dengan aksi-aksi yang bisa dibilang kasar. Bakar ban, rusak pagar, terobos ke ruangan orang, dsb. Akan tetapi tidak semua demo seperti itu.

Pengalaman demi pengaman terus saya rasakan. Dari kegiatan yang sifatnya sosial hingga yang bersifat ritual. Dari hanya sekedar berkumpul ngopi bareng hingga diskusi bareng.
pmii sumenep


Pada tanggal 10 Nopember 2015. PMII Komisariat STITA Sumenep, memperingati Hari Pahlawan di taman makam pahlawan (TMP) Sumenep. kegitan tersebut dilaksanakan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Serangkaian kegiatan dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan di TMP Sumenep untuk mengingatkan kualitas para kader PMII STITA Sumenep atas jasa para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI

Rangkaian kegiatan acara yang dilakukan yaitu bersih-bersih tempat makam Pahlawan, pembacaan Yasin dan tahlilan dikhususkan kepada para pahlawan yang telah gugur.

Setelah sholat Maghrib, dilanjutkan dengan acara refleksi dan nonton bareng melalui film perjuangan para pahlawan guna menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada para kader PMII.
PMII sebagai bagian dari elemen bangsa akan senantiasa melakukan pergerakan nyata untuk membumikan nilai-nilai kepahlawanan sebagaimana yang dilakukan para pejuang pada masa merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Pada tanggal 2 Februari 2016 Pergerakan Mahasiswa Islam Insonesia STITA menggelar aksi sosial berupa penggalangan dana korban banjir di Sampang. Aksi di gelar di perempatan di depan Hotel Wijaya 1, Jalan Trunojoyo 55 Kolor Sumenep. Dengan kardus bertuliskan kepedulian pada korban banjir Sampang. Aksi ini dilakukan di beberapa titik selama tiga hari.

Aksi ini dilakukan dalam rangka penggalan dana, sebagai bentuk partisipasi kaum pergerakan untuk mengajak elemen masyarakat Sumenep menumbuhkan kesadaran untuk membantu saudara kita yang kenak korban banjir yang terjadi di kabupaten Sampang.

Pada tanggal  27 Oktober 2016 Pmii Stita melaksanakan kegiatan Refleksi Sumpah Pemuda di makam Pahlawan Sumenep, Kegiatan tersebut bertujuan mengurai tentang perjuangan Pemuda dalam mengabdikan dirinya terhadap Bangsa, yakni perjuangan pemuda terdahaulu terhadap kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Kegiatan tersebut dikemas dengan tahlil kepada para pahlawan dan para pemuda yang berjuang dan gugur dimedan perang melawan para penjajah sekaligus pembacaan teks sumpah pemuda dipimpin langsung oleh Ketua Umum PMII Cabang Sumenep. dihadiri oleh puluhan kader pmii Stita  Serta Pengurus Cabang Pmii se Sumenep.

28 Oktober  2016 Pmii Komisariat STITA melakukan aksi solidaritas Sumpah Pemuda pada di depan gedung DPRD Sumenep. Selain memperingati Hari Sumpah Pemuda juga dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 747.
aden zaied alfarobi

Tentunya, selama bersma teman-temam Pmii banyak kenangan yang menjadi sejarah dan menjadi catatan tersendiri selama ikut organisasi ini.


Baca juga:

Karena belajar adalah kewajiban, menulis untuk mengabadikan, menyebarkan merupakan kebaikan
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments