Waktu ibarat pedang (Wasiat Imam Syafi'i)

Waktu ibarat pedang (Wasiat Imam Syafi'i)

waktu laksana pedang
Imam Asy-Syafi'i rahimahullaahu ta'ala berkata,
"Waktu ibarat pedang, jika engkau tidak menebasnya maka ialah yang akan menebasmu. Dan jiwamu jika tidak kau sibukkan di dalam kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebatilan." (Dinukil oleh Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullaahu ta'ala dalam kitabnya Al-Jawaab Al-Kaafi hal, 109, dan Madaarijus Saalikiin, III/129)

Waktu terus berjalan, sementara amal kita masih berantakan. Hari-hari terus kita lewati, namun kita terus melalaikan perintah dari sang ilahi. Waktu yang kita jalani, jangan sampai memotong dan menebas kehidupan kita karena larut dalam kesia-siaan. 

Karena hidup hanya sebentar, Imam Syafi'i pun berwasiat dan berpesan :
الْوَقْتُ كَالسَيْفِ اِنْ لَمْ تَقْطَعهُ قَطَعَكَ
"Waktu itu bagaikan pedang, jikalau kamu tidak bisa menggunakan pedang itu, maka pedang itu sendiri yang akan menghunusmu."

Melalaikan waktu adalah suatu kebinasaan, melawan waktu adalah keharusan. Tanpa kita sadari waktu terkadang membunuh kita karena ketidak sadaran. Waktu begitu cepat berlalu dan tidak akan pernah kembali meskipun kita memohon untuk datang.

Boleh jadi diantara kita diberi kesempatan umur panjang, namun kesempatan hilang karena kita lalai memanfaatkan waktu dan peluang. Mungkin diantara kita ada yang sisa umurnya tinggal tak seberapa, namun mumpung masih ada waktu dan usia, maka segera bergegas menuju sang Pencipta.

Waktu ibarat pedang, ia tajam dan berkilau. Jangan sampai ketajamannya melukai kita sebagai pemakai. Bukan waktu yang salah, kitalah yang tak mampu memanfaatkan. Laksana pisau dapur yang kita gunakan. Semoga dosa kita diampuni oleh Allah Sang Maha Penyayang... 

Baca juga:

Karena belajar adalah kewajiban, menulis untuk mengabadikan, menyebarkan merupakan kebaikan
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments