image
Kerja Bakti Dan Kebersamaan Dalam Kekompakan

Kerja Bakti Dan Kebersamaan Dalam Kekompakan

kerja bakti lingkungan
Kerja bakti merupakan salah satu wujud kebersamaan dan kekompakan antar teman, tetangga, dan lingkungan masyarakat. Dulu, saya kenal yang namanya kerja bakti sejak mulai masuk sekolah dasar. Bahkan menjadi kegembiraan apabila disekolah ada kerja bakti. Teman-teman sekelas dengan riuhnya berebutan keluar kelas saking gembiranya. Akan tetapi bukan gembira karena kerja baktinya, melainkan gembira karena jatah jam dikelas diganti dengan jam kerja bakti.

Sejak pindah ke Kota, lain lagi cerita kerja bakti. Di lingkungan perkotaan hususnya kompleks perumahan, kerja bakti bagi sebagian orang mungkin hal biasa, sehingga mereka tidak punya daya tarik untuk datang ikut kerja bakti, atau memang karena malas. Untungnya, walaupun hidup diperkotaan, saya punya pasukan husus alias anak-anak panti asuhan yang kami didik di lembaga. Begitu hari libur tiba, sederetan anak-anak siap turun lapangn membersihkan lingkungan.  

Berbeda dengan kerja bakti di lingkungan kampung atau desa. Ada motivasi lain untuk mengikuti kerja bakti. Motivasi itu karena murni ingin membantu lingkungan, atau untuk kegotongroyong dan manfaat sosial. Maklum, lain Kota lain Desa. Kalau di Desa rasa persaudaraan dan rasa bersilaturrahim begitu kuat.

Waktu saya KKN, hal yang menjadi kewajiban kelompok kami adalah kerja bakti. Selain menjaga lingkungan yang kami tempati, juga untuk menciptakan kebersamaan dengan warga. Ya, begitulah salah satu trik kami ketika KKN untuk menciptakan suasana semangat kebersamaan dan kekompakan dengan warga. Meskipun warga tidak ikut kerja bakti, paling tidak mereka ikut senang. Jika membuat orang lain senang, insyaallah orang lain akan membuat kita senang juga.

Kerja bakti itu nikmati saja, meskipun ada rasa malas untuk ikut bersih-bersih, enggak usah dipikir. Segera keluar rumah, pakai baju rumah sederhana dan topi, bawa sapu, sabit, dan semacamnya. Mau pakai sarung juga boleh dengan penampilan ustadz ata kiyai, biar kelihatan sedikit berbeda, temui orang-orang sambil tersenyum. Nikmati saja, insyaallah walau tidak mengharap imbalan rejeki akan datang dengan sendirinya semisal kiriman gorengan dari warga. Hehe...

Satu hal yang pasti, pekerjaan yang terlihat berat jika dilakukan bersama tentu akan terasa lebih ringan. Wassalam...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments