4 hal yang paling berat dilakukan dalam hidup

4 hal yang paling berat dilakukan dalam hidup

Empat  hal yang paling berat dilakukan
Empat  hal yang paling berat dilakukan dalam hidup yaitu:

1. Memberi maaf  di saat marah
2. Suka berderma disaat melarat
3. Menjaga diri dari haram ditempat sepi. 
4. Berkata benar dan tegas terhadap orang yang ditakuti atau diharapkan jasanya. (Ali bin Abi Thalib ra)

Memberi maaf  di saat marah
Semua orang tentunya punya kesalahan, membuat orang lain tersakiti dengan perkataan kita, dengan tingkah laku kita dan dengan kebiasaan jelek kita. baik sengaja atau tidak, hingga membuat orang lain marah. Memberi maaf saat marah itu berat, hanya orang yang berjiwa besar dan dewasalah yang mampu

Suka berderma disaat melarat
Berderma tidak hanya disaat kaya, tidak selalu disaat banyak rezeki, anyak orang mengira bahwa saat yang tepat menjadi dermawan adalah saat kaya dan berkecukupan, kelebihan harta, namun saat itu ternyata bukan saat yang tepat. Akan tetapi jika kita mampu berderma disaat melarat, ketika kekurangan, maka beru kita bisa dikatakan orang hebat.

Menjaga diri dari haram ditempat sepi.
Ibnu Rojab Al-Hambali rahimahullah dalam kitabnya Jaami'ul 'Uluum wal Hikam menjelaskan, bahwasanya seseorang bisa saja terlihat dihadapan masyarakat benar-benar mengerjakan amalan-amalan kebaikan. Akan tetapi kondisi batin yang sesungguhnya adalah sebaliknya. Hal ini menyebabkan ia meninggal dalam kondisi suul khootimah, karena ada amalan maksiat yang ia lakukan secara tersembunyi yang tidak diketahui oleh orang lain.

Berkata benar dan tegas terhadap orang yang ditakuti atau diharapkan jasanya
Orang terkadang hanya berkata benar dan tegas terhadap bawahannya, terhadap orang yang lebih rendah pangkatnya. Akan tetapi, ketika berhadapan dengan orang yang ditakuti, atau karena lebih tua meskipun berbuat salah, atau karena jabatannya lebih tinggi. Bungkam seketika, ketegasannya hilang begitu saja. 

Jika kita mampu melakukan keempat diatas atau salah satunya, Insyaallah kita termasuk orang yang hebat dan luar biasa.

Baca juga:

Seorang Pelajar Yang Suka Nyasar kemana-mana hanya untuk mencari ilmu dan pengalaman.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments