Keindahan Dibalik Ujian

Keindahan Dibalik Ujian

keindahan dalam ujian
Ujian memang selalu terasa berat. Sebab ia selalu membuat kita harus bersusah payah untuk menghadapinya, menguras tenaga dan fikiran untuk mengatasinya, tak heran jika banyak orang mengeluh jika berhadapan dengannya. Akan tetapi,  dalam setiap kesulitan tersimpan kemudahan, dalam kesusahan tersedia ganjaran. "Innama'al 'ushri yusron" habis gelap terbitlah terang

Sebagaimana ketika kita ingin lulus sekolah, kita harus menghadapi ujian menjawab sederetan soal yang disodorkan. Kita harus mampu melewati ujian itu, banyak belajar agar bisa menjawab, bersusah payah agar mampu melewati itu semua.

Tapi, seringkali kita hanya menharapkan hasilnya saja namun tak mau menjalankan prosesnya. Mau berprestasi tapi tidak mau berusaha, mau menjadi hebat tapi tak mau berkorban, mau jadi pelaut ulung tapi hanya di dermaga saja, mau jadi ilmuan tapi tak mau belajar.

Mau surga tapi tak mau taat, enggan sengsara tapi tak mau lepas dari maksiat, padahal kita tahu bahwa tak ada bahagia tanpa berlelah, tak ada nikmat tanpa usaha, tak ada keberhasilan tanpa perjuangan. Hidup adalah ujian, dan keindahan akan kita raih setelah kita lulus dari ujian. Sebagaimana kita bahagia setelah menyelesaikan lembar jawaban di sekolah.

Ujian selalu menyimpan keindahan yang tersimpan didalamnya, akan dirasakan setelah kita melaluinya, terasa nikmat apabila tidak berkeluh kesah terhadapnya, serta sabar dalam menghadapinya.

Baca juga:

Karena belajar adalah kewajiban, menulis untuk mengabadikan, menyebarkan merupakan kebaikan
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments