1/21/2017

Membenci Karena Allah Swt

Tags

benci
Benci, salah satu sifat yang siapa saja tentu tidak suka padanya. Yang setiap orang tidak mau disandingkan dengannya, ingin semua orang terhindar dari kebencian orang lain. Banyak orang berkata bahwa setiap orang dilarang menaruh kebencian pada orang lain.

Namun, tidak semua membenci itu dilarang, adakalanya benci itu diperlukan dan bahkan harus. Benci terhadap kejahatan, benci kemaksiatan, benci perbuatan yang tidak baik. Yaitu benci dan membenci karena Allah Swt. Dalam Kitab Ihya' Ulumiddin 2/143, Imam Al Ghazali Berkata:

فالبغض في الله واجب ومحب المعصية والراضي بها عاص ومن أحب ظالما فإن أحبه لظلمه فهو عاص لمحبته وإن أحبه لسبب آخر فهو عاص من حيث إنه لم يبغضه وكان الواجب عليه أن يبغضه

Maka membenci karena Allah hukumnya wajib. Orang yg menyukai kemaksiatan dan orang yang ridha dengan kemaksiatan maka dia adalah orang yang maksiat. Barang siapa menyukai orang dhalim, jika kesukaan tersebut karena kedhalimannya maka dia maksiat sebab kesukaannya. Jika kesukaan tersebut karena sebab lain maka dia juga orang yang maksiat sebab dia tidak membencinya. Dan yang menjadi kewajibannya adalah membenci kedholiman.

Jika kita dilarang membenci kebaikan, maka kita diperintahkan untuk membenci kejahatan, memerangi kedzaliman, memberantas kemaksiatan. Intinya, amar ma'ruf nahi mungkar. Menyuruh kepada kebaikan mencegah kepada kemungkaran.


EmoticonEmoticon