1/25/2017

 Dari Jaman Hobi Baca Buku Menuju Era Internet

Tags

buku internet
Dulu, ketika sekolah SMA. Masa masa menikmati indahnya sebagai remaja, menuju hidup dewasa. Membaca buku tak pernah ku tinggalkan, belajar meperdalami luasnya lautan ilmu, mengarungi dan mendalami tentang eksistensi sebagai seorang pelajar dan wajibnya belajar mencari ilmu. Membaca buku menjadi hobiku sehari-hari.

Waktu dan jadwal diatur sedemikian rupa. Kapan waktunya membaca, berapa lama harus dihabiskan, membeli buku setiap saat. Semua dilakukan agar hobi membaca buku itu terus tertanam dalam diri. Mengumpulkan buku, mondar mandir keperpustakaan, bolak balik ke toko buku. Semua apa yang kulakukan merupakan bentuk semangat dan motivasi dari prestasi yang diraih di Sekolah.

Akibat dari semua itu, lemari yang seharusnya berisi pakaian, berubah menjadi perpustakaan pribadi. Mengambil dan membaca serta memakainya dikala perlu atau sekedar iseng. Tak terhitung jumlahnya berapa banyak buku yang hilang, dipinjam tak dikembalikan, dihadiahkan kepada teman-teman. Itulah hobi membaca yang tertanam sampai nyantri dan kuliah disebuah pesantren. Itu dulu.

Waktu terus berjalan, tak terasa rentetan pengalaman selama menjadi seorang siswa dan santri, menjadi catatan tersendiri dalam hidupku. Kemajuan zaman ternyata merubah segalanya. Teknologi dan informasi, seakan menjadi tantangan yang tak bisa dihindari. Kalau dulu sering membaca buku, kini beralih membaca internet. Bahkan semangat membaca di dunia maya mengalahkan semangat membaca buku.

Sekarang sudah era internet, mau apa-apa saja pakai internet. Cari informasi, internet. Mau nyontek ujian, internet. Mau belanja, internet. Mau chatting dan kirim pesan sama teman , internet. Pokoknya selalu internet. Dulu yang hobi membaca buku, kini hobi membaca dengan internet. Buku itu kini hanya menjadi pajangan, digunakan ketika diperlukan dibaca ketika ada hasrat kemauan.

Dampak baik buruk internet tentu ada. Semua tergantung bagaimana kita menggunakannya. Hanya saja terkadang kita kebablasan dalam dunia maya itu melebihi sekedarnya. Hingga banyak kewajiban dan tanggung jawab yang sering kita tinggalkan.  Harapan kita tentunya, bagaiaman internet itu bermanfaat bagi kehidupan kita.

1 komentar so far



https://drive.google.com/file/d/0B6ut4qmVOTGWMkJvbFpZejBQZWM/view?usp=drivesdk


Salam


Kepada:

 

Redaksi para akademik


Per: Beberapa Hadis Sahih Bukhari dan Muslim yang Disembunyikan


Bagi tujuan kajian dan renungan. Diambil dari: almawaddah. info

Selamat hari raya, maaf zahir dan batin. 


Daripada Pencinta Islam rahmatan lil Alamin wa afwan. 


EmoticonEmoticon