Pentingnya Perkenalan Dalam Organisasi

Pentingnya Perkenalan Dalam Organisasi

ospek stita tarate sumenep
Tak kenal maka tak sayang! Sebagai pertemuan pertama dalam organisasi. Tentu setiap anggota, baik yang senior maupun junior. Harus saling kenal mengenal. Yang paling penting adalah pengenalan Organisasi itu sendiri. Agar kader-kader yang baru ikut, tidak kebingungan tentang apa sebenarnya organisasi yang ia ikuti.

Yang perlu juga, perkenalan antara pengurus dengan anggota. Memang, ketika pengurus mengenalkan dirinya. Terkadang dalam hati muncul perasaan sok, congkak, pamer, merasa perlu dihormati. Ya, itulah yang saya rasakan. Namun saya berusaha membuang jauh-jauh semua sifat itu. Dengan sifat semacam itu, justru akan merusak organisasi itu sendiri.

Perkenalan pengurus dengan anggota, sangat perlu dilakukan. Selain sebagai mempererat hubungan. paling tidak, untuk menghilangkan kecanggungan ketika anggota baru mau menyampaikan pendapatnya. Buktinya, ketika organisasi kami mengadakan pertemua pertama, ketika anggota baru diminta untuk mengajukan pertanyaan dan pendapatnya. Masih banyak yang canggung, masih banyak yang grogi. Padahal sudah diberi kesempatan untuk menyampaikan gagasanya.
stita sumenep

Nah, maka dari itu. Sebagai pengurus organisasi. Hal pertama yang dilakukan pada anggota baru adalah. Ya, perkenalan. Bukan lantas secara langsung menjalankan kegiatan dadakan atau gebrakan. Hal semacam itu biasanya membuat anggota baru tidak kerasan. Jangan heran, kalau nanti anggota barunya. Seperti buah yang gugur sebelum masanya.

Dalam perkenalan itu, yang tak kalah penting adalah memberikan kebebasan pada anggota untuk menyampaikan segala uneg-unegnya. Jangan biarkan anggota baru, seperti orang tersesat ditengah jalan yang kebingungan mencari arah. Kalau perlu sedikit paksa dengan bahasa yang bersahabat.

Biasanya yang terjadi pada anggota baru adalah malu, grogi, canggung, tidak nyaman. Manakala berkumpul dengan senior. Namun hal itu patut dimaklumi. Hal semacam itu merupakan sifat alami, yang juga saya rasakan pada waktu ikut organisasi apa saja.

Baca juga:

Karena belajar adalah kewajiban, menulis untuk mengabadikan, menyebarkan merupakan kebaikan
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments