Full Day School Sekolah pagi hingga sore

Full Day School Sekolah pagi hingga sore

Sekolah pagi hingga sore
Doc. Pribadi
Dunia pendidikan kali ini dihebohkan masalah sistem full day school. Ketika buka facebook, teman-teman banyak update status tentang sekolah dari pagi hingga sore. Dan rata-rata banyak yang mengeluhkan keputusan Mentri Muhadjir Effendi. Berikut saya kutipkan dari postingan teman di facebook

Say ba
Mendikbud Muhadjir Effendi menggagas sistem full day school atau sekolah mulai pagi hingga sore, dari pukul 07.00-17.00 untuk Pendidikan SD dan SMP, baik negeri maupun swasta. Belum bekerja sudah bikin polemik dimasyarakat, niat baik belum tentu menghasilkan dampak yang baik pula. Rencana ini akan mengakibatkan Madrasah Diniyah tutup, karena biasanya waktu sore dipake sokolah madrasah, dan juga mengganggu kegiatan pondok pesantren, bagaimana tidak dikatakan mengganggu kalau sehari penuh sekolah kembali kepondok tentu sudah dalam keadaan capek, ngantuk dsb. Semoga gagasan Pak Mujaer ini tidak jadi dilaksanakan. Amin.

Ali Sastra Amijaya
Menyimak status reaksi, komentar dan tanggapan fesbuker tentang program sekolah full day, kita melihat bahwa program ini ditanggapi positif oleh para fesbuker kaya harta. Yang notabene anaknya memang sudah masuk sekolah swasta favorit, unggulan, model SDIT dan sejenisnya, yang memang sudah terbiasa menerapkan program seperti itu. Dengan tanpa rasa empati pada mereka yang kurang mampu, mereka dengan bangga menceritakan sekolah anak-anaknya. Sebenarnya apa yang ada di pikiranmu ? Mengapa adanya wacana seperti ini justru jadi momen bagimu untuk pamer bahwa kamu ini orang kaya ?

Menurut saya pribadi. Sistem sekolah full day sangat bagus untuk diterapkan. Namun juga perlu pertimbangan sebelum diterapkan. Karena untuk apa menerapkan sistem sekolah pagi hingga sore. Sementara sudah banyak lembaga pendidikan forman maupun non formal, yang melangsungkan pendidikan di sore hari. Bagaimana nasibnya Madrasah diniah, lembaga kursus dan yang lain, jika sistem ini diterapkan.

Selain itu, sistem sekolah full day akan menyita waktu. anak-anak SD juga butuh waktu untuk bermain, berkumpul keluarga serta dengan teman-temannya. Orang dewasa saja bisa stres apabila seharian bekerja, apalagi nak-kanak kecil.

Dulu ketika kita masih SMA. Rasa bosan, malas, diserang kantuk, bahkan kesal pd guru. Manakala guru terlalu lama mengajar. Lebih-lebih ketika bel pulang berbunyi dan guru masih melanjutkan pelajaran. Sehingga konsentrasi menyimak pelajaran jd hilang. Itupun kita masih Sma. Lalu, bagaimana dg anak2 SD yg masih kecil jika menghadapi sistem smacam ini.

Baca juga:

Karena belajar adalah kewajiban, menulis untuk mengabadikan, menyebarkan merupakan kebaikan
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments