7/05/2016

Jika Malas Membaca, Cobalah Membaca buku

Tags

Kalau dipikir-pikir, memang sedikit aneh dengan judul postingan ini. Kenapa tidak? orang sudah malas membaca masih disuruh membaca buku. Bagaiamana mau membacanya jika sifat malas masih ada dalam diri. Apalagi disuruh membaca buku setebal dan setumpuk halaman. Baca selebaran saja, syukur-syukur kalau habis satu atau dua pargaraf. Beruntungnya lagi kalau sampai selesai.


Sebenarnya bukan maksud menyuruh atau menggurui, akan tetapi jika kita ingin membangkitkan semangat membaca dikala rasa malas tak bisa diajak kompromi, Jika ingin mengusir sifat malas mebaca yang tak mau pergi. Maka kuncinya membaca. Kok bisa?

Tentu saja bisa, sebagaimana pegadaian dengan slogannya "menghadapi masalah tanpa masalah". Demikian juga dengan "mengatasi malas membaca dengan membaca" kalau kita biarkan penyakit itu terus-terusan berada dalam diri kita. Maka suatu saat ia akan menjadi penyakit kronis yang semakin sulit untuk disembuhkan.

malas membaca
Kalau kita perhatikan, memang sedikit orang yang suka membaca. Walaupun statusnya sebagai pelajar. Kita lebih banyak menghabiskan waktu kita untuk membaca status facebook dari pada baca buku, lebih sering membaca sms pacar ketimbang membaca hal-hal yang bermanfaat, lebih mengutamakan baca BBM dari pada selembar artikel.

Bagaiamana kita mau jadi pintar jika membaca buku saja malas, bagaiamana kita mau cerdas baca  sederetan kalimat saja tidak mau. Itulah kebanyakan manusia, hanya berharap tapi tak mau berusaha. Seakan menganggap bahwa yang namanya ilmu itu datang dengan sendirinya. Padahal, Nabi Saw. Telah memberi sinyal dengan Sabdanya: "Al Ilmu Bitta'allum, laa Binnasab" ilmu itu dengan belajar, bukan karena keturunan.

Anaknya ulama, tidak akan pintar kalau tidak belajar. Anaknya Presiden, tidak akan cerdas jika tidak pernah belajar. Ditetangga sebelah, katanya anaknya seorang guru. Namun, ilmunya hanya biasa-biasa saja. Ya. Biasa saja. Masak anaknya guru peringkat kelasnya nomor dua. Nomor dua dari urutan terahir. Kan, memalukan. 



EmoticonEmoticon