7/07/2016

Bagaimana Seseorang Mampu Bergembira

Tags


Bagaimana Seseorang Mampu Bergembira
Bagaimana kita mampu  bergembira kalau kita, yang harinya membinasakan bulannya dan bulannya membinasakan tahunnya dan tahunnya membinasakan umurnya. Bagaimana mampu  bergembira seseorang yang umurnya menggiringnya kepada ajalnya dan kehidupannya menggiringnya kepada kematiannya.

Berapa banyak hari-hari yang kita lewati tanpa memberikan manfaat. Waktu kita selalu terisi dengan hal-hal yang sia-sia. Sementara, ajal yang kita takuti menanti dipenghujung umur. Kita tidak tahu kapan ajal menjemput, kapan ia akan tiba. Yang pasti, ia akan tiba tanpa sepengetahuan dan tanpa pemberitahuan.

Kebahagian yang kita inginkan, yang kita selalu harapkan. Sering meleset dari kebahagiaan hakiki. Kebahagiaan kita hanya sebatas duniawi. Kita mengharapkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun nyatanya, kita lebih condong kepada dunia dari pada akhiratnya. Bagaimana kita mampu bergembira untuk mendapatkan kebahagiaan dan kegembiraan selamanya?

Kita bilang, kita ingin menjadi orang baik. Namun perbuatan jahat tetap kita lakukan. Kita bilang ingin menjadi orang shaleh, namun ibadah sering kita tinggalkan. Kita ingin menjadi orang yang dicintai tuhannya sementara perintah tuhan sering kita abaikan.

Bagaimana kita bisa bergembira jika tidak mampu bersabar menghadapi musibah. Bagaimana kegembiraan kita raih jika pada Ujian saja selalu mengeluh. Bahwa kegembiraan bukan hanya dikala kita melepaskan canda dan tawa dengan teman seperkumpulan, gembira tidak hanya disaat kita terlepas dari beban hidup. Kegembiraan ialah tak kala hati kita merasa tenang dan tentram. tidak tertipu oleh godaan-godaan dunia. 

Cara mendapatkan kegembiraan sudah diatur sedemikian rupa dalam ajaran islam. Namun sering kita lewatkan. Kita acuh tak acuh untuk mempelajarinya. Kita tak peduli dengan semua tuntunan-tuntunan yang ada. Karena kita sering disibukkan dengan urusan urusan dunia yang sebentar lagi akan ditinggalkan. Bagaimana kita mampu bergembira?



EmoticonEmoticon