6/28/2016

Tiga Tanda Kebahagiaan

Tags


Setiap orang tentu ingin merasakan nikmatnya kebahagiaan. Setiap orang ingin bahagia. Namun, tidak setiap orang bisa merasakan bahagia. Sebab bahagia memiliki tanda-tanda. Harta yang banyak, tak menjamin kita bahagia. Rumah mewah, tidak menjamin kebahagian ada pada kita. Berhasil meraih cita-cita, belum tentu kebahagiaanya bisa bertahan lama.

Imam Ibnul Qoyyim Aljauziah mengkategorikan bahwa tiga tanda kebahagiaan yaitu:

BERSYUKUR KETIKA MENDAPAT NIKMAT
Ya. kalau kita ingin bahagia, maka perbanyaklah bersyukur. Kadang kita lupa siapa pemberi nikmat, kita lupa siapa yang telah memberikan kita kesuksesan. Ketika kita lupa bersyukur, bisa saja kebahagiaan itu justru akan menjadi musibah, menjadi malapetaka bagi kita. Adakah apabila kita berterima kasih kepada seseorang, kita menyakitinya? Adakah apabila kita berterima kasih kepada seseorang, kita menzaliminya? Tentunya tidak. Jika kita tidak bersyukur, dengan sendirinya. Kebahagiaan yang kita dapatkan akan hilang tanpa kita sadari.

SABAR KETIKA MENDAPAT MUSIBAH
Terkadang kita melihat orang ditimpa musibah, namun ia tetap bahagia. Kalau kita renungkan. Bahwa yang namanya musibah selalu membawa penderitaan. Kalau ingin bahagia, maka sabarlah kuncinya. Dengan kesabaran, seberapapun besarnya cobaan dan musibah yang menimpa kita. Kebahagiaan akan selalu kita rasakan.

MEMOHON AMPUN DARI PERBUATAN DOSA
Tak ada manusia yang suci. Semua manusia punya salah dan dosa. Kesucian hanyalah milik yang maha suci. Kenapa tanda orang bahagia identik dengan memohon ampun kepada Allah Swt? Apa hubungannya dengan bahagia? Coba kita pikirkan. Jika kita punya salah pada teman, tentu hati kita tidak akan merasa tenang karena dihantui perasaan bersalah. Kalau kita meminta maaf pada teman, betapa bahagianya kita jika teman memaafkan kesalahan kita. Demikianlah, bahwa salah satu tanda kebahagiaan adalah memohon ampun jika berbuat dosa.

Demikianlah tiga tanda orang bahagia, bersyukur ketika mendapat nikmat. Sabar ketika ditimpa musibah. Dan memohon ampun disaat berbuat dosa.


EmoticonEmoticon