3/04/2018

Sisa Dari Kebodohan Masa Muda Itu Penyesalan

Tags



Sisa dari kebodohan masa muda itu penyesalan. Karenanya cerdas itu berarti berpikir masa depan, mempersiapkan masa depannya dengan matang. Bukannya tidak tergoda oleh kenikmatan yang sekarang, tapi menyimpan untuk hari nanti yang pasti dijelang. maka menunggu itu merupakan bagian dari keahlian

Karena Masa Muda sulit tundukkan nafsu dengan kesabaran bagaikan memetik buah yang belum matang. Terburu-buru ingin memetik buahnya sebelum tiba masanya. Begitulah kebanyakan kaum Muda. Menginginkan segalanya dengan segera, tanpa ingin harus menunggu proses. Maka, sabar adalah kuncinya.

Waktu tak boleh terbuang dengan sia sia. Maka dari itu, belajar itu harus. Agar nantinya tak disebut sebagai orang bodoh. Sedikit saja kita disebut orang bodoh, bisa saja amarah tak dapat ditahan. Walaupun sebenarnya memang orang bodoh. Pantaslah Imam Syafi'i mengatakan: semakin aku belajar, semakin nampak kebodohanku.

Masa muda adalah masa persiapan. Masih ada masa depan yang tersimpan, masa yang akan dijalani meniti kehidupan. Penyesalanlah yang akan didapatkan manakala memilih kebodohan. 

Hanya saja, tak banyak yang mengetahui arti pentingnya masa muda. Tak heran jika banyak pemuda yang masanya terbuang dengan sia-sia. Maka Nabi mengajarkan "dari kebaikan islamnya seseorang,  yaitu meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat" (HR. Muslim)


EmoticonEmoticon